Menjelajahi Keberagaman Makhluk Hidup: Contoh Soal Tema 3 Subtema 2 Kelas 4 Lengkap dengan Pembahasan

Pendidikan adalah jendela dunia, dan salah satu cara terbaik untuk memahami dunia di sekitar kita adalah melalui pembelajaran yang interaktif dan relevan. Bagi siswa kelas 4 SD, Tema 3 "Peduli Terhadap Makhluk Hidup" adalah tema yang sangat menarik dan penting, terutama pada Subtema 2 yang berjudul "Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku". Subtema ini mengajak siswa untuk menyelami lebih dalam tentang berbagai jenis makhluk hidup, interaksi mereka, serta bagaimana kita sebagai manusia harus peduli dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh-contoh soal dari berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam Subtema 2 ini, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami konsep, melatih kemampuan berpikir kritis, dan mempersiapkan diri menghadapi evaluasi. Mari kita mulai petualangan belajar kita!

Menjelajahi Keberagaman Makhluk Hidup: Contoh Soal Tema 3 Subtema 2 Kelas 4 Lengkap dengan Pembahasan

Pendahuluan Subtema 2: Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Subtema 2 ini menitikberatkan pada pengenalan dan pemahaman akan keanekaragaman hayati (biodiversitas) di sekitar kita. Siswa akan belajar tentang:

  • Bahasa Indonesia: Mengidentifikasi informasi penting dari teks, membuat pertanyaan wawancara, dan melaporkan hasil wawancara.
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya, serta daur hidup hewan. Memahami pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Mengidentifikasi berbagai upaya pelestarian sumber daya alam, seperti hutan dan laut, serta dampak dari kegiatan manusia yang merusak.
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn): Menentukan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara dalam menjaga kelestarian lingkungan dan makhluk hidup.
  • Seni Budaya dan Prakarya (SBdP): Mengekspresikan kekaguman terhadap keberagaman makhluk hidup melalui karya seni, seperti menggambar atau membuat kolase.

Mari kita selami contoh soal per mata pelajaran!

I. Bahasa Indonesia

Dalam Subtema 2 ini, materi Bahasa Indonesia fokus pada kegiatan wawancara. Siswa diajak untuk merencanakan, melakukan, dan melaporkan hasil wawancara.

A. Pilihan Ganda

  1. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan wawancara, kecuali
    a. Menentukan narasumber
    b. Menentukan topik wawancara
    c. Menyiapkan daftar pertanyaan
    d. Menulis laporan wawancara
    Kunci Jawaban: d
    Pembahasan: Menulis laporan wawancara adalah kegiatan yang dilakukan setelah wawancara selesai, bukan sebelum. Tiga opsi lainnya adalah persiapan penting sebelum wawancara.

  2. Jika kita ingin mewawancarai seorang petani tentang cara menanam padi, maka topik wawancara yang paling tepat adalah…
    a. Lingkungan sekolah
    b. Proses pertanian padi
    c. Sejarah Indonesia
    d. Makanan favorit
    Kunci Jawaban: b
    Pembahasan: Topik wawancara harus relevan dengan narasumber dan informasi yang ingin digali. Seorang petani memiliki pengetahuan tentang proses pertanian padi.

  3. Kalimat tanya yang baik untuk wawancara sebaiknya bersifat…
    a. Memaksa narasumber
    b. Terbuka, sehingga narasumber dapat memberikan penjelasan panjang
    c. Mengandung jawaban ya atau tidak saja
    d. Mengulang-ulang pertanyaan yang sama
    Kunci Jawaban: b
    Pembahasan: Pertanyaan terbuka (misalnya, yang diawali dengan "Bagaimana," "Mengapa," "Jelaskan") mendorong narasumber untuk memberikan informasi yang lebih detail dan komprehensif, bukan hanya jawaban singkat.

  4. Berikut adalah salah satu etika saat melakukan wawancara, yaitu…
    a. Memotong pembicaraan narasumber
    b. Datang terlambat
    c. Mengucapkan terima kasih setelah wawancara
    d. Tidak mendengarkan jawaban narasumber
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Mengucapkan terima kasih adalah bentuk penghargaan dan sopan santun kepada narasumber yang telah meluangkan waktu dan berbagi informasi.

B. Uraian

  1. Sebutkan tiga bagian penting dalam struktur laporan hasil wawancara!
    Kunci Jawaban:

    1. Latar Belakang (topik, tujuan wawancara)
    2. Tujuan Wawancara (apa yang ingin dicari tahu)
    3. Topik Wawancara (inti bahasan)
    4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Wawancara
    5. Narasumber (nama, pekerjaan)
    6. Pewawancara (nama)
    7. Daftar Pertanyaan dan Jawaban
    8. Kesimpulan
      Pembahasan: Struktur laporan wawancara membantu menyajikan informasi secara sistematis dan mudah dipahami. Bagian-bagian tersebut penting untuk memberikan gambaran lengkap tentang proses dan hasil wawancara.
  2. Buatlah tiga pertanyaan untuk mewawancarai seorang penjual tanaman hias tentang cara merawat bunga anggrek!
    Kunci Jawaban (Contoh):

    1. "Bagaimana cara menyiram bunga anggrek yang benar agar tidak cepat layu?"
    2. "Pupuk jenis apa yang paling cocok untuk pertumbuhan bunga anggrek, dan berapa kali harus diberikan?"
    3. "Apakah bunga anggrek memerlukan sinar matahari langsung atau lebih baik di tempat teduh?"
      Pembahasan: Pertanyaan yang baik adalah spesifik, jelas, dan mengarahkan pada informasi yang relevan dengan topik wawancara, dalam hal ini, perawatan bunga anggrek.

II. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi IPA dalam subtema ini meliputi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, daur hidup hewan, serta upaya pelestarian makhluk hidup.

A. Pilihan Ganda

  1. Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan zat hara dari dalam tanah adalah…
    a. Daun
    b. Batang
    c. Akar
    d. Bunga
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Akar adalah organ vital pada tumbuhan yang berfungsi sebagai penopang dan penyerap nutrisi dari tanah.

  2. Proses fotosintesis pada tumbuhan sebagian besar terjadi di bagian…
    a. Batang
    b. Bunga
    c. Buah
    d. Daun
    Kunci Jawaban: d
    Pembahasan: Daun mengandung klorofil (zat hijau daun) yang berperan penting dalam proses fotosintesis, yaitu mengubah energi cahaya menjadi makanan bagi tumbuhan.

  3. Urutan daur hidup kupu-kupu yang benar adalah…
    a. Telur – larva (ulat) – pupa (kepompong) – kupu-kupu
    b. Larva – telur – pupa – kupu-kupu
    c. Kupu-kupu – pupa – telur – larva
    d. Telur – pupa – larva – kupu-kupu
    Kunci Jawaban: a
    Pembahasan: Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna yang melalui empat tahap utama secara berurutan: telur, larva (ulat), pupa (kepompong), dan imago (kupu-kupu dewasa).

  4. Berikut ini adalah contoh hewan langka yang dilindungi di Indonesia, kecuali
    a. Harimau Sumatera
    b. Orangutan
    c. Komodo
    d. Ayam
    Kunci Jawaban: d
    Pembahasan: Ayam adalah hewan ternak yang populasinya sangat banyak dan tidak termasuk hewan langka atau dilindungi. Tiga hewan lainnya adalah spesies endemik Indonesia yang terancam punah.

B. Uraian

  1. Jelaskan fungsi utama batang pada tumbuhan!
    Kunci Jawaban: Fungsi utama batang adalah sebagai penopang tumbuhan agar dapat berdiri tegak, sebagai jalur pengangkut air dan zat hara dari akar ke daun, serta mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Beberapa batang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
    Pembahasan: Batang merupakan struktur penting yang menghubungkan akar dengan daun dan bunga, memastikan distribusi nutrisi dan dukungan struktural.

  2. Mengapa penting bagi kita untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka? Sebutkan dua alasannya!
    Kunci Jawaban:

    1. Menjaga Keseimbangan Ekosistem: Setiap makhluk hidup memiliki peran dalam rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan. Hilangnya satu spesies dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan berdampak pada spesies lain.
    2. Keanekaragaman Hayati: Keberadaan berbagai jenis hewan dan tumbuhan menunjukkan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Mereka memiliki potensi sebagai sumber obat-obatan, bahan pangan, atau penelitian ilmiah di masa depan.
    3. Warisan Alam: Hewan dan tumbuhan langka adalah bagian dari warisan alam yang harus kita jaga agar generasi mendatang juga dapat menikmatinya.
      Pembahasan: Melestarikan makhluk hidup langka adalah tanggung jawab moral dan ekologis kita untuk memastikan keberlanjutan kehidupan di Bumi.

III. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Materi IPS dalam subtema ini berkaitan dengan interaksi manusia dengan lingkungan, pemanfaatan sumber daya alam, dan upaya pelestarian.

A. Pilihan Ganda

  1. Salah satu contoh kegiatan manusia yang dapat merusak lingkungan laut adalah…
    a. Membuang sampah di sungai
    b. Penanaman kembali hutan bakau
    c. Penangkapan ikan dengan pukat harimau
    d. Pembudidayaan terumbu karang
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Pukat harimau adalah alat tangkap ikan yang sangat besar dan tidak selektif, merusak terumbu karang dan menangkap semua jenis ikan, termasuk yang masih kecil. Membuang sampah di sungai juga merusak, tapi pukat harimau lebih spesifik ke laut.

  2. Berikut ini adalah dampak negatif dari penebangan hutan secara liar, kecuali
    a. Tanah longsor
    b. Banjir
    c. Kekeringan
    d. Udara bersih
    Kunci Jawaban: d
    Pembahasan: Penebangan hutan liar menghilangkan pohon yang menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida, sehingga mengurangi kualitas udara bersih. Tiga opsi lainnya adalah dampak langsung dari hilangnya vegetasi penahan air dan tanah.

  3. Upaya pelestarian hewan langka yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mendirikan…
    a. Kebun binatang
    b. Pasar hewan
    c. Pabrik
    d. Perumahan
    Kunci Jawaban: a
    Pembahasan: Kebun binatang, suaka margasatwa, dan taman nasional adalah lembaga konservasi yang berperan dalam melindungi dan melestarikan hewan langka dari kepunahan.

  4. Masyarakat pesisir yang mencari ikan dengan cara ramah lingkungan biasanya menggunakan alat seperti…
    a. Bom ikan
    b. Pukat harimau
    c. Jaring dan kail
    d. Racun ikan
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Jaring dan kail adalah alat tangkap ikan tradisional yang selektif dan tidak merusak ekosistem laut, berbeda dengan bom ikan, pukat harimau, atau racun ikan yang sangat merusak.

B. Uraian

  1. Sebutkan tiga cara yang bisa kita lakukan sebagai siswa untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar sekolah atau rumah!
    Kunci Jawaban (Contoh):

    1. Tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah organik dan anorganik.
    2. Melakukan kegiatan menanam pohon atau merawat tanaman di lingkungan sekolah/rumah.
    3. Menghemat penggunaan air dan listrik.
    4. Tidak merusak tanaman atau mengganggu hewan di lingkungan sekitar.
      Pembahasan: Tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten oleh banyak orang dapat memberikan dampak besar bagi kelestarian lingkungan.
  2. Jelaskan mengapa hutan disebut sebagai "paru-paru dunia"!
    Kunci Jawaban: Hutan disebut "paru-paru dunia" karena pohon-pohon di hutan menghasilkan oksigen (O2) dalam jumlah besar melalui proses fotosintesis, yang sangat penting untuk pernapasan semua makhluk hidup, termasuk manusia. Selain itu, hutan juga menyerap karbon dioksida (CO2) yang merupakan gas rumah kaca, sehingga membantu menjaga kualitas udara dan iklim global.
    Pembahasan: Peran hutan dalam siklus udara dan iklim sangat vital, menjadikannya komponen kunci dalam menjaga keberlanjutan kehidupan di Bumi.

IV. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Materi PPKn dalam subtema ini berfokus pada hak dan kewajiban warga negara terhadap lingkungan dan makhluk hidup.

A. Pilihan Ganda

  1. Kita berhak mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat. Namun, kita juga memiliki kewajiban untuk…
    a. Membuang sampah sembarangan
    b. Menjaga kebersihan lingkungan
    c. Mengotori sungai
    d. Menebang pohon di hutan
    Kunci Jawaban: b
    Pembahasan: Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Untuk mendapatkan lingkungan yang bersih, kita wajib menjaga kebersihannya.

  2. Sikap yang tepat saat melihat teman memetik bunga di taman sekolah tanpa izin adalah…
    a. Ikut memetik bunga
    b. Membiarkannya saja
    c. Menegurnya dengan sopan
    d. Melaporkannya kepada guru sambil marah-marah
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Menegur dengan sopan adalah cara yang baik untuk mengingatkan teman tentang kewajiban menjaga fasilitas umum dan menghargai lingkungan tanpa menimbulkan konflik.

  3. Salah satu kewajiban kita terhadap hewan peliharaan di rumah adalah…
    a. Membiarkannya kelaparan
    b. Memberi makan dan minum secara teratur
    c. Mengurungnya terus-menerus
    d. Membiarkannya sakit tanpa diobati
    Kunci Jawaban: b
    Pembahasan: Sebagai pemilik hewan peliharaan, kita memiliki kewajiban untuk merawatnya dengan baik, termasuk memberi makan, minum, dan tempat tinggal yang layak.

  4. Berikut ini adalah contoh hak kita terhadap lingkungan yang bersih, kecuali
    a. Bebas dari polusi udara
    b. Dapat menikmati air bersih
    c. Bermain di taman yang terawat
    d. Bebas membuang sampah di mana saja
    Kunci Jawaban: d
    Pembahasan: Membuang sampah di mana saja adalah pelanggaran kewajiban dan justru merusak lingkungan, bukan hak.

B. Uraian

  1. Jelaskan mengapa kita wajib ikut serta dalam menjaga kelestarian hutan!
    Kunci Jawaban: Kita wajib menjaga kelestarian hutan karena hutan adalah sumber oksigen, tempat tinggal bagi banyak hewan dan tumbuhan, serta berperan penting dalam mencegah banjir dan tanah longsor. Jika hutan rusak, dampaknya akan dirasakan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia.
    Pembahasan: Kelestarian hutan adalah kunci bagi kelangsungan hidup di Bumi, dan menjaganya adalah tanggung jawab bersama sebagai warga negara.

  2. Bagaimana cara kita menunjukkan kepedulian terhadap tanaman yang ada di sekitar rumah? Sebutkan dua contohnya!
    Kunci Jawaban (Contoh):

    1. Menyiram tanaman secara teratur.
    2. Memberikan pupuk agar tanaman tumbuh subur.
    3. Membersihkan gulma (tanaman pengganggu) di sekitar tanaman.
    4. Tidak merusak atau memetik daun/bunga sembarangan.
      Pembahasan: Merawat tanaman adalah salah satu bentuk nyata kepedulian terhadap makhluk hidup dan lingkungan, yang dapat dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kita.

V. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Materi SBdP dalam subtema ini mendorong siswa untuk mengekspresikan kekaguman terhadap keberagaman makhluk hidup melalui karya seni.

A. Pilihan Ganda

  1. Teknik menggambar yang menggunakan pensil atau arang untuk menciptakan kesan gelap terang disebut teknik…
    a. Mozaik
    b. Kolase
    c. Sketsa
    d. Arsir
    Kunci Jawaban: d
    Pembahasan: Teknik arsir adalah teknik dasar dalam menggambar untuk memberikan dimensi dan volume pada objek dengan goresan pensil atau alat lain secara berulang.

  2. Bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat kolase bertema hewan adalah…
    a. Kertas bekas
    b. Kain perca
    c. Daun kering dan biji-bijian
    d. Plastik
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Kolase dari bahan alam memanfaatkan kekayaan alam seperti daun kering, biji-bijian, ranting kecil, atau kelopak bunga untuk menciptakan karya seni.

  3. Berikut ini adalah salah satu unsur seni rupa yang penting dalam menggambar, yaitu…
    a. Musik
    b. Gerak
    c. Garis
    d. Suara
    Kunci Jawaban: c
    Pembahasan: Garis adalah unsur dasar dalam seni rupa yang membentuk bentuk, kontur, dan memberikan arah pada gambar. Musik, gerak, dan suara adalah unsur seni pertunjukan atau seni musik.

B. Uraian

  1. Jelaskan langkah-langkah sederhana dalam membuat kolase dari bahan alam!
    Kunci Jawaban (Contoh):

    1. Siapkan alat dan bahan: kertas gambar (sebagai dasar), lem, gunting, serta bahan alam (daun kering, biji-bijian, kelopak bunga, ranting kecil).
    2. Buatlah sketsa gambar yang diinginkan pada kertas gambar (misalnya, gambar kupu-kupu atau bunga).
    3. Oleskan lem sedikit demi sedikit pada area sketsa.
    4. Tempelkan bahan alam yang sudah disiapkan pada area yang sudah dilem sesuai dengan desain gambar.
    5. Biarkan hingga lem mengering.
      Pembahasan: Proses pembuatan kolase melibatkan kreativitas dalam menata bahan dan ketelitian dalam menempelkannya untuk menghasilkan karya yang indah.
  2. Mengapa menggambar atau melukis hewan dan tumbuhan dapat menjadi cara untuk menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup?
    Kunci Jawaban: Dengan menggambar atau melukis hewan dan tumbuhan, kita secara tidak langsung belajar mengamati detail, bentuk, dan keunikan setiap spesies. Proses ini dapat menumbuhkan rasa kagum, penghargaan, dan empati terhadap keindahan dan kerentanan makhluk hidup tersebut, sehingga mendorong kita untuk lebih peduli dan ikut serta dalam melestarian mereka.
    Pembahasan: Seni adalah medium yang kuat untuk mengekspresikan perasaan dan gagasan. Melalui seni, kita dapat menyuarakan pentingnya konservasi dan keindahan alam.

Tips untuk Orang Tua dan Guru

  • Libatkan Siswa dalam Observasi Langsung: Ajak siswa untuk mengamati tanaman di halaman rumah atau sekolah, atau hewan peliharaan. Ini akan membuat pembelajaran lebih konkret dan bermakna.
  • Ajak Diskusi: Setelah mengerjakan soal, ajak siswa untuk berdiskusi tentang jawaban mereka. Mengapa mereka memilih jawaban tersebut? Apa yang mereka pelajari dari pembahasan?
  • Kaitkan dengan Kehidupan Sehari-hari: Contohkan bagaimana tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan atau menghemat air memiliki dampak besar pada lingkungan.
  • Gunakan Sumber Belajar Beragam: Selain buku teks, manfaatkan video edukasi, film dokumenter, atau artikel online yang relevan dengan tema.
  • Proyek Kreatif: Dorong siswa untuk membuat proyek sederhana, seperti menanam biji-bijian, membuat poster kampanye lingkungan, atau membuat kerajinan dari bahan daur ulang.

Kesimpulan

Subtema 2 "Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku" dari Tema 3 Kelas 4 adalah fondasi penting untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dan rasa peduli terhadap sesama makhluk hidup. Melalui contoh soal dan pembahasan di atas, diharapkan siswa dapat menguasai materi dengan baik dan mengembangkan sikap bertanggung jawab terhadap alam. Ingatlah, bahwa pengetahuan tanpa tindakan adalah sia-sia. Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan yang positif bagi lingkungan dan makhluk hidup di sekitar kita. Belajar adalah tentang memahami, dan memahami adalah langkah pertama menuju tindakan nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *